Jurnal

 

Kami menerbitkan “Jurnal ASIAN” setiap bulan Maret dan September. Anda dan siapapun yang berminat mengembangkan ilmu administrasi negara kami undang untuk mengirimkan karyanya ke: jurnalasian@hotmail.co.id.

TATA TULIS

  1. Karya tulis adalah artikel hasil penelitian maupun artikel yang berupa kajian ilmiah bukan penelitian. Harus orisinil dan ditulis khusus untuk jurnal ini. Belum pernah dipublikasikan dalam media penerbitan yang lain, termasuk dalam blog pribadi.
  2. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia baku. Setiap kata asing sedapat mungkin dicari padanannya dalam bahasa Indonesia dan tidak perlu menyertakan kata aslinya.
  3. Referensi menggunakan aturan hanya mencantumkan nama belakang penulis dan tahun penerbitan tulisan, contoh : (Waldo, 1956). Tidak menggunakan catatan kaki.
  4. Naskah dikirim via email dengan format MS Word (*.docx) dan PDF (*.pdf). Panjang naskah antara 12 – 20 halaman kwarto ukuran A-4, font Tahoma 11, margin keliling 1” atau 3 cm, jarak spasi 1.5.
  5. Semua jenis rumus ditulis menggunakan Mathematical Equation dalam MS Word, termasuk pembagian/fraksi, Zigma, Akar, Matriks, Integral, Limit/Log, Pangkat, dsb. Semua jenis simbol menggunakan simbol standar yang ada di dalam program MS Word.

 

JUDUL

−        Nama dan alamat instansi penulis pertama, lengkap dgn email

−        Nama dan alamat instansi penulis ke-dua (bila ada), lengkap dgn email

Misalnya : Dewi Khayal, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunaguna dewi_khayal@yahoo.com.

 

ABSTRAK

−        Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimum 250 kata. Terdiri dari satu paragraf, memuat tujuan, metode penelitian yang digunakan, hasil, dan tiga kata kunci.

 

PENDAHULUAN

−        Memuat latar belakang tulisan atau latar belakang masalah penelitian,  tujuan, teori dan hipotesis (bila ada) secara ringkas dan padat. Dukungan teori tidak perlu dimasukkan secara lengkap pada bagian ini.

METODE PENELITIAN

−        Pada bagian ini harus dicantumkan desain penelitian dan  bagian-bagian penting dari metode penelitian yang digunakan.

−        Bagian ini bisa dibagi menjadi beberapa sub-bagian dan diberi sub-judul sendiri, tetapi tidak diberi nomor.

−        Bila tulisan merupakan kajian pustaka, maka bagian ini tidak perlu ada.

PEMBAHASAN

−        Bagian pembahasan ini memuat sajian data (dalam bentuk ringkas), analisis data dan interpretasinya. Pembahasan dilakukan dengan mengkaitkan hasil analisis data empiris dengan teori yang digunakan, untuk selanjutnya diinterpretasikan dalam kontek pemecahan masalah penelitian. Jika dilihat dari segi proporsi tulisan, bagian ini adalah bagian terbanyak, mencapai 50% atau lebih. Bagian ini bisa dibagi menjadi beberapa sub-bagian dengan diberi sub-judul sendiri, tetapi tidak diberi nomor.

−        Judul bagian ini tidak harus “Pembahasan”, melainkan dapat disesuaikan dengan isinya. Misalnya kalau berisi tentang pengelolaan pelabuhan, berilah judul “Pengelolaan Pelabuhan”.

PENUTUP

−        Bagian ini memuat kesimpulan dan saran. Kesimpulan dan saran dibuat dalam sub-bagian yang terpisah.

−        Kesimpulan menyatakan hasil penelitian dalam bentuk abstrak yang  menjawab tujuan penelitian yang telah dijanjikan sebelumnya. Jadi bukan merupakan ringkasan pembahasan dan juga bukan merupakan ringkasan teori.

−        Saran merupakan rekomendasi terkait dengan tindak lanjut hasil penelitian. Esensi dari saran adalah pemanfaatan hasil penelitian untuk kepentingan praktik administrasi negara ataupun untuk kepentingan pengembangan ilmu Administrasi Negara.

 

DAFTAR PUSTAKA

−        Bagian ini memuat referensi yang benar-benar dirujuk. Dengan demikian,referensi yang dimasukkan pada bagian ini dapat ditemukan tertulis pada bagian sebelumnya.

−        Sistematika penulisannya adalah :

  1. Diurutkan menurut abjad. Tidak perlu dikelompokkan berdasarkan buku, jurnal, surat kabar, ataupun berdasarkan tipe publikasi lainnya.
  2. Buku: nama penulis (kata terakhir lebih dahulu, lalu nama pertama dan seterusnya), (tahun publikasi), judul buku., nama penerbit, kota penerbitan.
  3. Jurnal: nama penulis (kata terakhir lebih dahulu, lalu nama pertama dan seterusnya), tahun publikasi. “judul tulisan.” Nama jurnal. Volume, nomor, penerbit, kota penerbitan.
  4. Skripsi, tesis, disertasi: nama penulis (kata terakhir lebih dahulu, lalu nama pertama dan seterusnya), tahun lulus, judul skripsi/tesis/disertasi.,  penerbit, kota penerbitan.
  5. Artikel dalam jurnal, majalah, koran: nama penulis (kata terakhir lebih dahulu, lalu nama pertama dan seterusnya), tanggal, bulan dan tahun publikasi. “Judul tulisan.” Nama koran. Penerbit, kota penerbitan.
  6. Artikel dari internet: nama penulis (kata terakhir lebih dahulu, lalu nama pertama dan seterusnya), tanggal, bulan, dan tahun download, judul tulisan. Alamat situs.

 

Makalah/tulisan yang dimuat dalam situs ini adalah tanggungjawab penulisnya,
dan tidak mencerminkan pendapat organisasi.
Follow us Facebook Twiter Flickr YouTube RSS